Hidrolik Silinder - Single Acting Cylinder dan Double Acting Cylinder



Silinder hidrolik, sering disebut sebagai dongkrak atau domba jantan, adalah komponen dalam sistem hidrolik yang bertanggung jawab untuk pergerakan. Dengan demikian, mereka biasanya dilihat sebagai "otot" dari sistem hidrolik yang melakukan gerakan dorong dan tarik. Gerakan ini berasal dari tekanan yang dihasilkan dalam sistem hidrolik. Ini biasanya dari pompa yang terhubung ke salah satu port pada silinder hidrolik. Cairan hidrolik bertekanan, seperti oli hidrolik, dipompa ke dalam silinder yang kemudian memperpanjang piston.


Ada dua mekanisme silinder hidrolik utama; akting tunggal dan akting ganda. Untuk membantu Anda memutuskan jenis silinder hidrolik mana yang terbaik untuk aplikasi Anda, kami akan membandingkan silinder kerja tunggal vs silinder kerja ganda.


Silinder Akting Tunggal

Silinder hidrolik kerja tunggal, juga dikenal sebagai ram hidrolik kerja tunggal, beroperasi dalam satu arah. Biasanya memiliki port tunggal di bagian bawah silinder di mana cairan bertekanan dipompa ke dalam sistem. Saat fluida memasuki sistem, ia mengisi silinder dan memperpanjang piston di dalamnya.


Untuk menarik kembali piston, silinder hidrolik yang bekerja tunggal harus bergantung pada gaya eksternal untuk mengeluarkan fluida di dalamnya. Ini dapat dibiarkan gravitasi jika tidak ada kebutuhan mendesak untuk menarik kembali piston, tetapi piston kedua juga dapat digunakan untuk mendorong piston kembali ke dalam silinder dengan paksa. Mata air juga dapat digunakan jika mereka cukup kuat.


Silinder Akting Ganda

Akting ganda berarti silinder memiliki dua port. Ini biasanya terletak di bagian bawah dan atas silinder. Fluida dipompa ke port bawah untuk memperpanjang piston seperti silinder kerja tunggal biasa.


Tetapi ketika operator ingin menarik kembali piston, cairan dipompa melalui port atas untuk mendorongnya kembali. Ini memungkinkan kontrol sistem yang lebih besar, tetapi juga dapat digunakan untuk retraksi dan ekstensi yang cepat. Ram hidrolik kerja ganda dapat digunakan untuk konfigurasi dorong dan tarik, tetapi juga dapat digunakan untuk gerakan meninju atau membuka dan menutup gerbang.

Komentar